Sanchez Bawa Arsenal Lolos ke Final Piala FA Lewat Gol di Babak Tambahan

Arsenal Lolos ke Final Piala FA

Berita Harian  – Sanchez Bawa Arsenal Lolos ke Final Piala FA Lewat Gol di Babak Tambahan

Arsenal lolos ke final Piala FA setelah menaklukkan Manchester City, 2-1, melalui babak tambahan waktu, di Stadion Wembley, Minggu (23/4). Man City sempat unggul lebih dulu melalui aksi Sergio Aguero. Namun dibalas oleh Nacho Monreal. Gol penentu kemenangan Arsenal dilesakkan Alexis Sanchez saat babak tambahan waktu.

Di final Arsenal akan bertemu Chelsea yang sehari sebelumnya memastikan lolos ke partai pamungkas dengan menaklukkan Tottenham Hotspur, 4-2.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, sedikit mengubah formasi dari yang biasa dia terapkan. Jika biasanya dia mengusung 4-2-3-1, kali ini dia memakai formasi 3-4-2-1. Trio bek di lini belakang diisi Gabriel Paulista, Laurent Koscielny, Rob Holding.

Setelah sekian lama, Olivier Giroud kembali diturunkan sejak awal pertandingan. Penyerang asal Prancis ini menjadi striker tunggal ditopang duet Mesut Oezil dan Alexis Sanchez.

Sementara di kubu Manchester City, Pep Guardiola tetap memakai formasi 4-2-3-1. Sergio akan menjadi andalan di lini depan ditopang Kevin de Bruyne, David Silva, Leroy Sane. Claudio Bravo kembali menjadi starter di bawah mistar.

Baca juga : Barcelona Tundukkan Real Madrid 3-2, Messi Cetak Dua Gol

Pada menit ke-22, Arsenal sebenarnya berhasil menjebol gawang Man City melalui aksi Laurent Koscielny. Bek tengah asal Prancis ini menyambut bola umpan tendangan bebas dan melesakkan bola ke gawang dengan tendangan voli. Dia sempat merayakan gol itu namun asisten wasit mengangkat bendera tanda dia offside.

Manchester City harus menarik keluar David Silva pada menit ke-23 yang cedera setelah berbenturan dengan Gabriel. Raheem Sterling masuk sebagai pengganti.

Pada menit ke-40 giliran gol Manchester City yang dianulir. Sergio Agueo berhasil memanfaatkan umpan Leroy Sane dan melepaskan tendangan voli. Tendangan ini terlihat menghasilkan gol namun penjaga garis memastikan bola belum melewati garis gawang. Hingga babak pertama usai tak ada gol yang terjadi.

Sergio Aguero mengakhiri kebuntuan dan membawa Manchester City unggul 1-0. Gol yang dilesakkan penyerang asal Argentina ini tercipta pada menit ke-62.

Aaron Ramsey membuat kesalahan di luar kotak penalti dan dimanfaatkan oleh Yaya Toure. Gelandang asal Pantai Gading merangsek ke depan lalu mengirimkan umpan kepada Aguero, yang menyambut bola dengan tendangan chip yang memperdaya kiper Petr Cech.

Hanya dua menit setelah gol Man City, Arsenal nyaris menyamakan kedudukan. Oezil berhasil melewati pemain belakang man City dan melepaskan tendangan melengkung. Sayangnya bola tendangan pemain Jerman itu melebar dari tiang jauh.

Arsenal akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1 ada menit ke-71. Gol yang membuat skor imbang dilesakkan bek Nacho Monreal.

Alex Oxlade-Chamberlain berhasil membawa bola dari sisi kanan dan mengirimkan bola melengkung di atas tiang jauh. Bola sempat melewati beberapa bek Man City sebelum dikuasai Monreal. Pemain asal Spanyol ini lantas menembak bola dari jarak dekat dan menggetarkan jala gawang Man City.

Arsene Wenger memutuskan menarik keluar Giroud pada menit ke-83. Penyerang Prancis ini digantikan oleh Danny Welbeck. Pemain Inggris ini segera menunjukkan pengaruhnya dalam permainan ini. Dia sempat nyaris menjebol gawang Man City hanya tiga menit setelah masuk ke lapangan.

Dia berhasil melewati bek Man City, Nicolas Otamendi, lalu melepaskan tendangan. Sayang bola hasil tendangannya melebar dari tiang jauh. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak kedua selesai sehingga harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Alexis Sanchez membawa Arsenal unggul pada babak tambahan ini melalui golnya pada menit ke-101. Gol berawal dari tendangan bebas. Bola kemudian memantul di dekat Danny Welbeck. Oleh penyerang Timnas Inggris itu bola diberikan kepada Sanchez yang dengan tenang menaklukkan kiper Claudio Bravo dari jarak dekat.

Hingga babak tambahan selesai tak ada lagi gol yang terjadi. Arsenal pun memastikan tiket final yang akan digelar di tempat yang sama pada 29 Mei mendatang.

Susunan pemain:

  • Arsenal (3-4-2-1): 33 Petr Cech; 5 Gabriel Paulista, 6 Laurent Koscielny, 16 Rob Holding; 15 Alex Oxlade-Chamberlain (24 Hector Bellerín 105+1), 8 Aaron Ramsey, 29 Granit Xhaka, 18 Nacho Monreal; 11 Mesut Oezil (34 Francis Coquelin 119), 7 Alexis Sanchez; 12 Olivier Giroud (23 Danny Welbeck 83).
  • Manchester City (4-2-3-1): 1 Claudio Bravo; 15 Jesus Navas, 4 Vincent Kompany, 30 Nicolas Otamendi, 22 Gael Clichy; 25 Fernandinho (6 Fernando 99), 42 Yaya Toure; 17 Kevin de Bruyne, 21 David Silva (7 Raheem Sterling 23/72 Kelechi Iheanacho 105), 19 Leroy Sane; 10 Sergio Aguero (18 Fabian Delph 99).

Sumber: http://www.beritasatu.com/inggris/426849-sanchez-bawa-arsenal-tantang-chelsea-di-final-piala-fa.html

One thought on “Sanchez Bawa Arsenal Lolos ke Final Piala FA Lewat Gol di Babak Tambahan

Comments are closed.