Polisi Tangkap Dua Tersangka Penyandang Dana Aksi Bom Panci Bandung

Penyandang Dana Aksi Bom Panci Bandung

Berita Terkini  РPolisi Tangkap Dua Tersangka Penyandang Dana Aksi Bom Panci Bandung

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap dua orang pria yang diduga terlibat dalam aksi teror bom panci di Taman Pandawa, Kecamatan Cicendo, Bandung, Jawa Barat. A alias Abu Muslim dan S ditangkap di dua lokasi berbeda.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan keduanya termasuk penyandang dana dan berperan membeli bahan untuk membuat bom. Saat ini, keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Saudara A ini berperan mulai dari membeli bahan-bahan pembuat bom, pendanaan, dan survei lokasi bersama Yayat Cahdiyat (pelaku teror bom),” kata Boy di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/3).

Mantan Kapolda Banten ini menjelaskan, dari pemeriksaan S diketahui sebagai pihak yang mendanai Yayat Cahdiyat. Bahkan, S memberikan uang sebesar Rp 2 juta kepada Yayat sebagai imbalan atas aksi teror tersebut.

“Memberikan pendanaan sekitar Rp 2 juta untuk memberikan aksi termasuk pembelian peralatan,” ujarnya.

Boy mengatakan Yayat dan kedua tersangka berencana melakukan aksi ke kantor kepolisian. Di antaranya, pos polisi lalu lintas, polres dan kantor polisi lainnya.

“Motivasinya tetap ingin melakukan aksi balasan. Ini wujud aksi balasan yang mereka lakukan dengan melakukan serangan balik ke markas petugas,” pungkas Boy.

Baca juga : Banding Ditolak, Pengacara Jessica Segera Ajukan Kasasi ke MA

Sebelumnya, pelaku terduga teroris dilumpuhkan di kantor Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung diketahui berinisial YC (41). Pria itu tercatat sebagai warga Kampung Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Setelah meledakkan bom panci, pelaku melarikan ke kantor kelurahan dan tewas usai terjadi baku tembak dengan petugas Brimob Polda Jabar, sekitar pukul 11.15 WIB tadi. Pelaku yang beraksi pagi tadi bersembunyi di kantor kelurahan setelah dikejar-kejar anak SMA. Saat dikepung polisi pelaku sempat membakar ruangan di lantai dua dan kembali melakukan ledakan.

Akhirnya oleh polisi pelaku dilumpuhkan dengan timas panas karena terus melakukan perlawanan. YC tewas dalam penyergapan. Jenazah korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Sartika Asih Bandung untuk diautopsi.

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-tangkap-dua-tersangka-penyandang-dana-aksi-bom-panci-bandung.html

Kabar Harian Berita Indonesia Akurat dan Terpercaya