Polisi Janji Bongkar Dalang di Balik MCA

Harianindonesia.net, Berita Terkini – Polisi Janji Bongkar Dalang di Balik MCA

Hasil penyelidikan polisi terhadap 45 isu penyerangan ulama yang marak di media sosial (medsos) dipastikan hanya tiga yang benar. Sisanya adalah hoax yang dibuat oleh eks Saracen dan Muslim Cyber Army. Motifnya adalah politik untuk membusukkan pemerintah.

“Dari data yang kita miliki dapat dilihat dari grafik berikut bahwa ada tiga kejadian namun (terlihat di) garis merah menunjukkan grafik peningkatan di udara atau di media sosial mulai tanggal 2 Februari, isu penganiayaan terhadap ulama itu terus digulirkan, diviralkan,” kata Dir Siber Bareskrim Brigjen Fadil Imran di Mabes Polri Senin (5/3).

Isu ini terus digoreng sampai dengan tanggal 27 Februari. Setelah itu kemudian grafiknya menurun. Ini menunjukkan bahwa pembentukan opini atas isu penganiayaan ulama atau penyerangan ulama dilakukan oleh kelompok tertentu di dunia maya atau internet atau di medsos. download game bandarq

“Dari serangkaian peristiwa itu kami kemudian melakukan upaya penegakan hukum untuk mengidentifikasi pelaku, baik yang di Surabaya, yang di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta,” sambungnya.

Pada tanggal 26 Februari Polri melakukan penangkapan secara serentak pada tersangka inti pelaku ujaran kebencian Muslim Cyber Army (MCA) yang tergabung dalam WhatsApp Group “The Family MCA”.

“Isu penganiyayaan ulama ini muncul setelah Direktorat tindak pidana siber Bareskrim melakukan penegakan hukum yang terkait dengan isu kebangkitan PKI dan isu lain. Isu-isu ini saling berhubungan digulirkan,” tambahnya.

Dari pemantauan di kluster di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten terlihat bahwa di udara para pelaku ini terhubung satu dengan yang lain. Pelaku tergabung dalam MCA dan juga tergabung eks Saracen.

“Kelompok inilah yang kemudian rutin membangun opini penganiayaan atau penyerangan terhadap ulama. Apa yang dikatakan Kasatgas tadi bahwa ditemukan adanya hubungan antara pelaku di Jawa Timur, pelaku di Banten, di Jawa Barat adalah kelompok atau orang tertentu yang masuk dalam kelompok MCA dan kelompok eks saracen,” sambung Fadil. domino 99 online

Dari sinilah dapat disimpulkan adanya hubungan di antara kelompok-kelompok ini. Polisi akan terus bekerja agar berita bohong dan fitnah yang dapat mengganggu kondusivitas keamanan nasional bisa dihilangkan.

“Siapa di balik ini semua akan kami ungkap, kami akan terus bekerja,” janjinya.

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/481659-polisi-janji-bongkar-dalang-di-balik-mca.html