Polisi Bongkar Sindikat Pemalsu Dokumen Kendaraan

Harianindonesia.net, Informasi Terkini – Polisi Bongkar Sindikat Pemalsu Dokumen Kendaraan

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Polri mengungkap sindikat pemalsu dokuken kendaraan bermotor. Ada 13 tersangka yang diamankan dalam kasus ini.

Empat tersangka dalam kasus ini sebelumnya ditangkap dalam kasus pemalsuan uang. Setelah pengembangan lebih lanjut, polisi menangkap sembilan tersangka lainnya.

“Ini awalnya dari pengungkapan uang palsu. Saat itu kita menangkap AY, AS, TT, CM, dan BH di Jawa Barat. Dari BH ditemukan dokumen palsu seperti STNK, KTP, visa, faktur, dan dokumen bank,” kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Ari Dono Sukmanto di Bareskrim, Rabu (20/12).

Selain BH, yang terlibat dalam sindikat pemalsuan dokumen mobil ini adalah AS, TT, dan CM. Dokumen itu dijual kepada pembeli sesuai pesanan atau pelanggan tertentu. agen poker online

Dokumen-dokumen palsu ini kemudian digunakan untuk melengkapi kendaraan yang dibeli sindikat dari debt colector perusahaan pembiayaan (leasing).

“Mobil bodong itu lalu dijual atau digadaikan dengan dokumen palsu. Ada dua kelompok yang terungkap yakni kelompok Subang yang tertangkap pada 7 Desember dan kelompok Cipanas, Cileungsi pada 15 Desember,” tambahnya.

Baca juga : Polisi Tangkap Pelaku Percobaan Penculikan Bocah di ITC Kuningan

Ada 16 mobil bodong — istilah untuk kendaraan tanpa dokumen resmi — berbagai merk yang disita polisi dari kantor pegadaian, lalu ada enam mobil lain yang disita langsung dari pelaku. Selain itu, 68 mobil lain dalam proses penyitaan dan 224 mobil bodong yang diduga dipalsu kelompok ini masih dalam pengejaran.

“Total ada 314 unit mobil bodong. Lalu kita sita juga 20 BPKB palsu, 32 STNK palsu, 76 lembar cek fisik, 20 KTP, dan tiga buku tabungan,” imbuhnya.

Motif pelaku adalah mencari keuntungan. Mereka dijerat Pasal 372, 263, 480 KUHP dan pasal pencucian uang. Mobil-mobil itu kini berada di Bareskrim.

Sumber: http://www.beritasatu.com/hukum/469476-polisi-bongkar-sindikat-pemalsu-dokumen-kendaraan.html

One thought on “Polisi Bongkar Sindikat Pemalsu Dokumen Kendaraan

Comments are closed.