Polda Jateng Tangkap Sindikat Order Fiktif Taksi Online

Harianindonesia.net, Berita Terbaru – Polda Jateng Tangkap Sindikat Order Fiktif Taksi Online

Aparat Direktorat ReserseKriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah meringkus sindikat pengemudi taksi daring, yang selama ini mengeruk keuntungan dari praktik order fiktif atau opik.

Polisi menangkap seorang peretas yang memiliki kemampuan memanipulasi aplikasi. Selain itu, polisi mengamankan tujuh pengemudi taksi daring yang juga sindikat opik di wilayah Jawa Tengah ini.

“Sindikat tersebut menggunakan modus order fiktif, dengan memanipulasi aplikasi pemesanan untuk memperoleh keuntungan,” kata Kasubdit Ekonomi Khusus Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah, AKBP Teddy Fanani, Senin (19/3/2018).

Para pelaku pengemudi taksi daring yang diamankan tersebut jamak beroperasi di wilayah kota Pemalang. Mereka diamankan oleh aparat Kepolisian Resor (Polres) Pemalang. download aplikasi bandarq

Atas pengungkapan itu, aparat Subdit Ekonomi Khusus Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah melakukan penelusuran dan akhirnya diamankan TN, seorang peretas yang memiliki peran memanipulasi aplikasi order.

TN memiliki kemampuan memanipulasi aplikasi pemesanan dan penerima pesanan taksi daring. Dari pengungkapan itu, polisi juga mengamankan sebanyak 213 telepon seluler yang diduga digunakan untuk menjalankan praktik ilegal tersebut.

Dalam aksinya, kata Fanani, pelaku menggunakan tiga aplikasi mobile yang dimanipulasi. Aplikasi- aplikasi yang dimanipulasi itu di antaranya aplikasi pemesanan yang dimiliki konsumen serta aplikasi penerima pesanan yang dimiliki oleh pengemudi.

Sehingga, para pengemudi membawa beberapa telepon seluler yang digunakan untuk memesan dan menerima pesanan. Dengan aplikasi yang dimanipulasi, para pelaku bisa melakukan order fiktif yang kemudian diterima sendiri.

Sumber: http://www.harianindo.com/2018/03/20/263539/polda-jateng-ringkus-sindikat-order-fiktif-taksi-online