Perampok di BRI Samarinda Belajar Merakit Bom Dari YouTube

Perampok di BRI Samarinda

HarianIndonesia.net  – Perampok di BRI Samarinda Belajar Merakit Bom Dari YouTube

Polisi meringkus warga Tenggarong, Kutai Kartanegara, A (40), terduga pelaku perampokan disertai teror bom di BRI Samarinda Cabang Pembantu Unit Suryanata, Selasa (13/2) siang. Pemeriksaan sementara, pria itu mengaku belajar merakit bom dari YouTube.

“Jadi isi bom rakitan itu, menurut versi pelaku, merakit karena melihat dari YouTube. Dia gunakan untuk mengancam bank, karena terlilit utang,” kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol Eriadi di lokasi kejadian.

Sempat terlihat oleh warga, seorang pria lainnya yang naik sepeda motor, di seberang jalan kantor BRI, segera tancap gas usai A diringkus warga dan dibawa polisi. Eriadi berani memastikan pelaku yang terlibat hanya satu orang.

“Satu orang diamankan ya. Soal daya ledak, masih diselidiki Brimob. Kita selidiki juga, apakah ini pembenaran pelaku karena ada rangkaian rakitan di sana,” ujar Eriadi.

“Cuma satu orang. Tidak, tidak ada kaitannya dengan teroris. Jadi pelaku terlilit utang, ya motifnya karena terkait ekonomi,” tambahnya.

Eriadi mengapresiasi pengamanan BRI, terlebih sekuriti bank, yang dengan tanggap membekuk pelaku, yang membawa ransel berisi bom rakitan, dan diduga hendak merampok.

“Pengamanan baik ya. Bank juga bekerja sama dengan kita. Jadi pelaku menebar teror kepada bank, motif ya ekonomi,” demikian Eriadi.

Baca juga : Jadi Tersangka Kasus Mobil Listrik, Dahlan Iskan Ajukan Praperadilan

Diketahui, sekira pukul 10.00 WITA, seorang pria mengenakan ransel, masuk ke dalam BRI, dan meminta uang Rp 50 juta. Di sela permintaan, pria itu mengaku membawa bom yang disimpan di dalam ransel. Seketika itu, satpam dengan sigap membekuk pelaku.

Teriakan perampokan dari luar BRI, membuat warga sekitar emosi dan menghajar pelaku. Meski demikian, warga bersikap hati-hati, lantaran melihat adanya rangkaian kabel dan baterai di dalam ransel. Rangakaian itu akhirnya ditendang warga ke tengah jalan, dan pelaku yang berhasil diringkus dan dihakimi warga akhirnya dibawa ke Polsekta Samarinda Ulu.

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/perampok-bri-di-samarinda-belajar-merakit-bom-dari-youtube.html