Penyebab Munculnya Gempa Susulan di Pulau Jawa

Harianindonesia.net, Berita Terkini – Penyebab Munculnya Gempa Susulan di Pulau Jawa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, terjadi 19 kali gempa bumi susulan setelah terjadinya gempa pada Jumat, 15 Februari 2017 malam pukul 23.47 WIB yang melanda wilayah Jawa.

“Sejak tadi malam sampai dengan sekarang sudah terjadi gempa susulan 19 kali, gempa memang kecil, itu adalah hal yang alamiah,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2017).

Dia menjelaskan, wajar apabila ada gempa susulan dengan skala kecil usai terjadinya gempa besar.

“Setiap terjadi gempa besar maka akan diikuti gempa-gempa kecil dalam rangka mencari keseimbangan sistem lempeng bumi,” ucap dia.

Namun, menurut Sutopo, gempa susulan tersebut hanya berskala kecil di bawah 5 skala Richter. Hal itu jauh jika dibanding dengan tadi malam hingga 6,9 skala Richter. bandarkiu online

“Tadi pagi terjadi 5,4 skala Richter sumbernya lain, dia berada di sebelah barat daya, jauh, dan tidak menimbulkan kerusakan bangunan di sekitar Garut, Sukabumi, Cianjur, dan lainnya,” jelas Sutopo.

Baca juga : Kronologi Penangkapan Dokter Penghina Panglima TNI di Media Sosial

Sebelumnya, gempa mengguncang Pulau Jawa pada Jumat, 15 Desember 2017 malam, pukul 23.47 WIB. Getaran gempa terasa di sejumlah daerah, di antaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali dan NTB.

Sumber: http://news.liputan6.com/read/3198130/muncul-gempa-susulan-di-pulau-jawa-ini-penyebabnya