Penggunaan Plastik untuk Gorengan, Seberapa Bahaya?

Harianindonesia.net, Kesehatan – Penggunaan Plastik untuk Gorengan, Seberapa Bahaya?

Penggunaan plastik dalam menggoreng makanan mungkin banyak dilakukan oleh para pedagang gorengan. Ini dimaksudkan agar kerenyahan gorengan bisa bertahan lama.

” Para pedagang itu ingin gorengannya tidak melempem. Kalau dibungkus plastik, air tidak masuk, tidak melempem, jadi renyah terus,” ujar Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran Institut Teknologi Bandung (ITB), Akhmad Zainal Abidin di Senayan, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Biasanya, sebelum menggoreng, pedagang memasukkan minyak dalam wadah plastik ke penggorengan. Plastik itu dibiarkan meleleh akibat panas dan bercampur dengan minyak.

Zainal mengatakan plastik yang digunakan termasuk jenis yang aman untuk tubuh. Ini karena plasitk itu juga dipakai untuk membungkus minyak.

” Jenis plastik yang digunakan namanya Polyethylene, plastik yang terkategori sangat aman buat makanan dan lingkungan karena banyak dipakai. Kalau digoreng, plastik ini akan berada di permukaan gorengan, karena massa jenisnya ringan. Makanya gorengan ini terlindungi dan tidak melempem,” jelas Zainal. bandar bola

Terkait bahayanya untuk tubuh, menurut Zainal, belum ada penelitian yang membahas lebih detail masalah itu. Meski begitu, plastik memang acap kali dikonsumsi oleh makhluk hidup, seperti kambing.

” Di Arab itu, banyak kok kambing makan plastik dan kertas,” tegas Zainal.

Meskipun demikian, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tidak menganjurkan pemakaian plastik dalam gorengan meskipun bahayanya untuk tubuh belum diketahui secara jelas.

” Kami melarang pedagang memasukkan plastik ke dalam gorengannya,” ucap Kasubdit Standarisasi Produk dan Bahan Berbahaya BPOM, Ani Rohmaniyati.

Tetapi, BPOM mengakui penggunaan plastik oleh pedagang, selain untuk membuat gorengan renyah tahan lama, juga untuk mengawetkan warna bening pada minyak.

” Survei yang kita lakukan pada pedagang gorengan yang melarutkan plastik ke gorengannya, karena di dalam plastik ada antioksidannya. Jadi minyaknya lebih lama beningnya. Tapi masih di teliti lagi kebenarannya,” kata Ani.

Sumber: https://www.dream.co.id/fresh/penggunaan-plastik-dalam-gorengan-berbahayakah-180118p.html