MUI Banten Tidak Mengakui Habib Rizieq Sebagai Imam Besar Umat Islam

HarianIndonesia.net  – MUI Banten Tidak Mengakui Habib Rizieq Sebagai Imam Besar Umat Islam

Banten – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten ternyata tidak mengakui eksistensi dari Rizieq Shihab, pemimpin Front Pembela Islam (FPI), yang dikukuhkan sebagai Imam Besar Umat Islam.

AM Romly selaku Ketua MUI Banten, mengaku tidak pernah dikenal istilah imam besar umat Islam dalam sejarah Nusantara. Begitu juga tidak ada tuntunan ataupun ajaran yang menganjurkan hal semacam itu.

“Pokoknya enggak ada, enggak tahu-menahu adanya imam itu (Rizieq Shihab). Yang ada imam (besar Islam) hanya Syiah, kalau di sini (Indonesia) enggak ada. Ada juga imam yang empat besar itu (baca: imam empat mazhab fikih; Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali),” kata Romly di Serang pada Rabu (11/1/2017).

Romly pun mengimbau semua pihak menghargai umat Islam di Indonesia yang beragam serta terdiri berbagai golongan, seperti NU dan Muhammadiyah. Pengukuhan imam besar berpotensi memecah persatuan Indonesia.

Baca juga : Habib Rizieq Diperiksa, Polda Jabar Dikepung FPI dan GMBI

“Umat Islam enggak ada imam-imam, ada juga imam masjid. Kalau MUI enggak ada (tidak mengakui) imam besar umat Islam. Umat Islam bermacam-macam; punya aliran-aliran; punya paham sendiri,” tegasnya.

Sumber: http://www.harianindo.com/2017/01/12/165733/mui-tidak-mengakui-habib-rizieq-sebagai-imam-besar-umat-islam