Kasus Beras Maknyuss, Dirut PT IBU Divonis 16 Bulan Penjara

Harianindonesia.net, Informasi Terkini – Kasus Beras Maknyuss, Dirut PT IBU Divonis 16 Bulan Penjara

PT Indo Beras Unggul (PT IBU) terbukti telah mencurangi konsumen dengan mencantumkan label palsu pada beras merek Maknyuss dan Ayam Jago produksi perusahaan tersebut. Dirut nonaktif PT IBU Trisnawan Widodo telah divonis dengan hukuman pidana penjara 1 tahun 4 bulan akibat tindak pidana terhadap perlindungan konsumen.

“Vonisnya Senin (22/1) kemarin. Dipimpin majelis hakim Suwarsa memutus terdakwa Trisnawan Widodo bersalah,” kata Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya, Selasa (23/1).

Terdakwa dinyatakan terbukti dan bersalah secara sah melakukan tindak pidana terhadap perlindungan konsumen.

Modus kecurangan dengan memproduksi beras yang seolah-olah memiliki kualitas yang baik. Padahal tidak begitu adanya dan saat kasus ini disidik sempat memicu kontroversi.

“Beras yang diproduksi oleh PT IBU dijual dengan harga sampai harga Rp 34 ribu/kg di pasar ritel modern dan ditulis dalam kemasan seolah-olah merupakan beras premium,” kenang Agung. bandar bola

Padahal hasil pemeriksaan ahli dan laboratorium memastikan isi beras produksi PT IBU tidak sesuai dengan apa yang tertulis dalam kemasan.

Sebagai contoh Beras Merek MAKNYUSS dan CAP AYAM JAGO memiliki sertifikat SNI 6128-2008. Dalam sertifikat tersebut tercantum bahwa merek beras tersebut dengan kualitas mutu 1.

Faktanya hasil laboraturium menerangkan bahwa isi beras dalam merek Cap Ayam Jago memiliki kualitas mutu 2 dan Maknyuss memiliki kualitas mutu 3.

PT IBU memproduksi sekitar 20 merek beras dimana dari 20 merek tersebut hanya 1 merek yang sesuai antara isi dan kemasan.

Saat ini sedang berlangsung proses sidang terhadap Marsono selaku direktur PT Jatisari yang merupakan holding company dari PT IBU.

Dia juga didakwa melakukan kecurangan terhadap konsumen dengan memproduksi beras yang tidak sesuai dengan isi kemasan.

Sumber: http://www.beritasatu.com/hukum/474751-kasus-beras-dirut-pt-ibu-divonis-16-bulan.html