Hina Pancasila, Rizieq Syihab Segera Diadili

Rizieq Syihab Segera Diadili

Berita Terbaru  – Hina Pancasila, Rizieq Syihab Segera Diadili

Berkas perkara dugaan penodaan Pancasila yang menyeret nama Rizieq Syihab sudah dilimpahkan dari Polda Jawa Barat ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Berkas tersebut akan dievaluasi oleh tim Jaksa Penuntut Umum hingga dinyatakan lengkap.

“Penyerahan tahap pertama ke kejaksaan sudah, selanjutnya akan dievaluasi oleh JPU. Mudah-mudahan segera bisa P21 (dinyatakan lengkap),” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus, Jumat (12/5).

Yusri menuturkan, penyerahan berkas tersebut merupakan tahap lanjutan atas pemeriksaan yang dilakukan penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Barat.

Bila sudah dinyatakan lengkap, tahapan akan berlanjut ke persidangan. Namun jika dinyatakan belum lengkap, berkas akan dikembalikan kepada penyidik untuk dilengkapi.

Dalam keterangannya, Yusri menjelaskan, sebelumnya Polda Jabar menetapkan Rizieq kasus dugaan penghinaan Pancasila dan pencemaran nama baik pada akhir Januari 2017 lalu. Penetapan status itu setelah Polda melakukan gelar perkara lanjutan.

Sebelumnya, telah dilakukan dua kali gelar perkara. Namun dalam kurun waktu tersebut, Habib Rizieq masih berstatus sebagai saksi terlapor. Pada gelar perkara ketiga Senin, 30 Januari 2017, tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum juga memanggil seorang saksi ahli untuk dimintai keterangan.

Hingga gelar perkara ketiga itu, tercatat sedikitnya sudah 18 saksi yang dimintai keterangan, termasuk Rizieq. Mereka adalah sejumlah orang yang terlibat langsung dalam kegiatan ceramah, panitia pelaksana, pemberi izin kegiatan, hingga sejumlah saksi ahli. Sementara alat bukti yang digunakan, yaitu berupa rekaman video dipastikan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

Hasilnya, unsur serta alat bukti yang disangkakan dalam pasal 154 dan 320 KUHPi dan dinilai sudah terpenuhi.

Baca juga : Soal Etik Hakim Ahok, KY Masih Tunggu Laporan Publik

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Imam Besar FPI Rizieq Shihab mengemuka sejalan dengan dugaan penodaan Pancasila. Hal itu berkaitan dengan bagian isi ceramah Rizieq di Lapangan Gasibu Kota Bandung pada tahun 2011 silam.

Pada ceramah tersebut, terdapat bagian yang dinilai mengandung unsur penghinaan terhadap Pancasila serta pencemaran nama baik. Rizieq dilaporkan dengan sangkaan Pasal 154 KUHP tentang penodaan lambang negara dan Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Sumber: http://www.beritasatu.com/hukum/430236-hina-pancasila-rizieq-syihab-segera-diadili.html

One thought on “Hina Pancasila, Rizieq Syihab Segera Diadili

Comments are closed.