Hari Senin Catalonia Deklarasi Kemerdekaan dari Spanyol

Hari Senin Catalonia Deklarasi Kemerdekaan dari Spanyol

Hari Senin Catalonia Deklarasi Kemerdekaan dari Spanyol

Setelah melaksanakan referendum yang dianggap ilegal oleh Spanyol, Catalonia akan mendeklarasikan kemerdekaan pada Senin depan. Deklarasi kemerdekaan tersebut akan disusul dengan sidang parlemen untuk mengevaluasi hasil pemungutan suara pada 1 Oktober lalu.

“Kami tahu akan ada pembubaran atau penangkapan, tetapi kami siap menghadapinya. Deklarasi kemerdekaan ini tidak akan dihentikan oleh hal apapun,” kata Mireia Boya, anggota parlemen Catalan dari Partai Pro-Demokrasi, seperti dilansir dari laman Reuters, Kamis (5/10).

Sementara itu, Presiden Catalan Carles Puigdemont mengatakan bahwa pihaknya telah menawarkan mediasi, namun pemerintah Spanyol menolaknya. Puigdemont menegaskan deklarasi kemerdekaan tetap akan dilakukan sebab referendum sudah dilakukan meski Spanyol menganggapnya tidak sah. aplikasi bandarq

“Saat ini kami telah meminta mediasi. Kami telah menerima banyak tawaran pada jam-jam terakhir dan kami akan menerima lebih banyak lagi,” tegasnya.

“Saya yakin beberapa hari lagi negara kita akan menunjukkan yang terbaik karena institusi Catalonia harus menerapkan hasil referendum,” lanjutnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan jika Puigdemont ingin menawarkan mediasi, maka dia harus mengikuti aturan hukum yang berlaku.

“Jika Puigdemont ingin berbicara, bernegosiasi, atau mengirim mediator, dia tahu apa yang harus dilakukannya terlebih dulu, yakni kembali ke jalan hukum,” tandasnya. baccarat online

Baca juga : Mantan Juara Dunia Kelas Berat George Foreman Ajak Duel Steven Seagal

Seperti diketahui, pemerintah Spanyol menentang keras pelaksanaan referendum tersebut. Bahkan, polisi Spanyol sempat menggerebek kantor pemerintah Catalan dan menangkap sejumlah pejabat untuk mencegah pelaksanaan referendum tersebut.

Polisi Spanyol juga menutup 319 tempat pemungutan suara dari sekitar 2.300 sehingga menyebabkan terjadinya bentrokan dan melukai 19 polisi nasional serta 14 warga sipil. Namun, Dinas kesehatan Catalan mengatakan ada 761 orang terluka akibat bentrokan tersebut, dua di antaranya mengalami luka serius karena polisi menggunakan pentungan dan peluru karet untuk melukai warga. Berita Terkini

Sumber: https://www.merdeka.com/dunia/senin-catalonia-deklarasi-kemerdekaan-dari-spanyol.html

One thought on “Hari Senin Catalonia Deklarasi Kemerdekaan dari Spanyol

Comments are closed.