Dua Napi Lapas Tanjung Gusta Kendalikan Sindikat Narkotika Internasional

Sindikat Narkotika Internasional

Berita Terkini  – Dua Napi Lapas Tanjung Gusta Kendalikan Sindikat Narkotika Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 25 kg asal Malaysia. Lima pelaku dibekuk dimana dua diantaranya merupakan narapidana Lapas Tanjung Gusta yang sudah divonis hakim hukuman mati.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengungkapkan kelima pelaku yakni Thomson Hutabarat, Togiman Alias Toge narapidana, sedangkan SU(38), WA(35), dan AM(30) berperan sebagai kurir.

“Dalam pertemuan kita hari ini kita berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional dari Medan, satu hal yang menarik adalah ada satu tersangka yang sebelumnya telah di jatuhi vonis mati tapi dengan segala kemampuannya dia masih bisa menjalankan bisnisnya dari dalam penjara,” ungkap Budi kepada wartawan saat jumpa pers di kantornya, Senin (22/5).

Budi menjelaskan modus operandi yang digunakan para pelaku untuk mengirim barang haram itu ke Medan dengan memasukannya ke dalam tempat pendingin ikan. Modus tersebut dinilai mantan Kabareskrim ini upaya baru dalam mengelabui petugas.

“Modusnya kita anggap modus yang baru untuk mengelabui para petugas, seolah-olah itu murni pengiriman ikan, setelah kita melakukan operasi di lapangan kita ketahui bahwa pengendali jaringan narkotika ini berada di dalam Lapas Tanjung Gusta.”

Baca juga : Budi Waseso Kecewa Pemprov DKI tak Tutup Diskotik Illigals

Toge pun berperan sebagai otak pelaku. Berbekal ponsel di dalam penjara, Toge bebas menghubungi para kurirnya yang ada di luar bui. Tak hanya kasus narkoba, lanjut Budi, Toge juga dijerat pasal Tindak Pindana Pencucian Uang miliaran rupiah.

“Toge sebelumnya sudah kita kenakan TPPU, karena hasil penelusuran kita semua hasil binisnya menggunakan rekening atas nama Janti yang juga merupakan kakak kandung tersangka kita sita sebanyak Rp 8 miliar, sedangkan dari rekening atas nama Ichwan lubis kita sita sebanyak Rp 2,3 miliar,” ungkapnya.

Para pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2) Junto Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 (2) Junto Pasal 132 ayat(1) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati.

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/2-napi-lapas-tanjung-gusta-kendalikan-peredaran-25-kg-sabu-di-medan.html

One thought on “Dua Napi Lapas Tanjung Gusta Kendalikan Sindikat Narkotika Internasional

Comments are closed.