8 Barang di Rumah yang Harus Diganti Secara Rutin

Harianindonesia.net, Health – 8 Barang di Rumah yang Harus Diganti Secara Rutin

Membersihkan rumah memang penting dilakukan agar membuat kediaman kita menjadi nyaman untuk ditinggali. Rumah yang bersih juga bisa menjaga kesehatan penghuninya.

Selain menyapu dan mengepel lantai, ternyata kita juga harus rutin mengganti barang-barang ini di rumah kita.

Berikut ini sejumlah barang-barang di rumah yang harus rutin diganti dan dibersihkan, termasuk bagian tempat tidur, kamar mandi, dan dapur.

  • Selimut

Selimut yang kita gunakan saat tidur, berpotensi terdapat tungau debu di dalamnya. Tungau debu yang merupakan serangga kecil di rumah tersebut dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Beberapa di antaranya seperti alergi dan gangguan pernapasan.

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mencuci selimut lima bulan sekali.

  • Bantal

Jika bantal jarang dicuci, maka sel-sel kulit mati dan kotoran tungau debu akan bersarang di sana. Selain itu, keringat juga bisa terserap pada bantal, yang bisa memicu terjadinya jerawat.

Kamu bisa mencuci bantalmu tiga kali selama enam bulan. Akan lebih bagus jika kamu mengganti bantal baru di rumah selama dua atau tiga tahun.

  • Sprei

Dalam sprei yang kita gunakan, sebenarnya bisa menjadi tempat bersarangnya tungau debu. Selain itu bakteri dan sel-sel kulit didalamnya juga dapat tersimpan.

Oleh karena itu, para peneliti mengajukkan untuk mengganti sprei setiap minggu. Akan lebih baik juga membuka jendela untuk melepaskan kelembapan dalam ruangan kamar kita.

Ketika mencuci sprei, pastikan suhu air mencapai 60 derajat Celcius untuk membunuh tungau-tungau yang bersarang pada sprei yang berada di kamar rumah kamu. casino online

  • Sikat gigi

Menurut Uchenna Okoye, Kepala Grup London Smiling, rata-rata dalam sikat gigi terdapat 10 miliyar kuman yang bersarang mulai dari bakteri sampai dengan virus flu.

Hal itulah yang menyebabkan banyak dokter gigi merekomendasikan, untuk mengganti sikat gigi selama tiga bulan sekali atau paling lama enam bulan sekali. Jika kondisi bulu sikat sudah tidak bagus, ada baiknya untuk secepatnya mengganti sikat gigi tersebut.

Selain harus dicuci secara rutin, cara membersihkan sikat gigi bisa dengan cara direndam pada air yang direbus. Selain itu, kamu bisa gunakan anti septik khusus untuk sikat gigi.

Baca juga : Pelaku Perdagangan Seks Anak Dijatuhi 472 Tahun Penjara

  • Handuk

Handuk mandi yang kita kerap gunakan dapat menyimpan banyak sel-sel kulit mati di dalamnya. Kelembapan di dalamnya juga menyebabkan bakteri tumbuh dengan subur.

Oleh karena itu, handuk tidak bisa dipakai sembarangan untuk bergantian dengan orang lain karena bisa menyebarkan infeksi dan bakteri. Menurut ahli mikrobiologis, Philip Tierno, akan lebih baik untuk mengganti handuk setiap tiga kali pemakian. Serta di cuci pada temperatur tinggi.

  • Kain pembersih

Sebagai alat untuk membersihkan benda dan kotoran di dapur, kain ini bisa terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Bahkan kuman yang terdapat pada kain bisa lebih banyak dari pada gagang pintu toilet.

Oleh karena itu, kamu bisa membilas kain setelah digunakan dengan pembersih anti bakteri atau dicuci dengan cara direndam dengan rebusan air hangat. Akan lebih bagus juga, jika kain diganti setiap bulannya.

  • Sponge

Alat untuk mencuci piring ini juga menjadi sumber banyak kuman dan bakteri. Seberapa sering kamu membersihkan sponge, mereka pastinya tidak akan sampai bertahan lama.

Ada baiknya untuk mengganti sponge setiap dua atau tiga minggu sekali. Salah satu cara ampuh membersihkan sponge yakni dengan ditaruh pada microwave selama dua menit. Pastikan agar sponge tetap basah ketika dimasukan ke dalam microwave.

  • Kulkas

Tempat kita menyimpan makanan justru bisa menjadi tempat yang sangat kotor. Kamu bisa bersihkan kulkas selama dua kali dalam setahun. Dengan membersihkan kulkas, kebersihan juga bisa terjamin, dan menghilangkan bau tidak sedap.

Jika dalam kulkas muncul bau tak sedap kembali, kamu bisa taruh soda kue di dalamnya untuk menyerap bau tersebut.

Sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/3172636/tanpa-disadari-ini-8-barang-di-rumah-yang-perlu-rutin-diganti

One thought on “8 Barang di Rumah yang Harus Diganti Secara Rutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *